Social Icons

Pages

Friday, July 30, 2010

Saya Bangga, Ternyata Saya Bisa Kenal dan Berteman dengan Beliau

Sebuah narasi: "Yang ada adalah senyum dan tawa ketika dia menceritakan kronologis kecelakaan putranya 25 Juli lalu ketika tertabrak motor dan terseret 5 meter ketika nonton drumband AU, kulitnya rambutnya terkelupas dan sekarang kepalanya diperban. Hati ku miris saat membayangkan bagaimana bila itu terjadi padaku. Namun di wajahnya aku melihat sebuah wajah penuh keikhlasan, tak merasakan bahwa ini adalah cobaan, tapi peristiwa yang terjadi lalu adalah sebuah kenikmatan.

Beliau adalah seorang teman guru saya di sekolah saya mengajar, nama lengkap beliau adalah Maryono Ali Mudhofir, pak maryono begitu beliau akrab dipanggil. Seorang guru di SMK Muhammadiyah di Jogja, dan sekarang mengajar di SMKN 3 Yogyakarta. Pastilah ada alasan kuat ketika saya menulis di blog jurnal pribadi saya ini dan ini sama sekali tidak saya rencanakan, apalagi, saya lagi dikejar deadline untuk membuat paper besok. saya hanya ingin berbagi tentang orang hebat di sekolah saya ini.

Pagi tadi sekitar jam 10an, beliau mampir di ruangan saya, ketemu rekan kerja saya dan sepertinya berbicara mengenai proses akreditasi jurusan yang akan dihadapi awal agustus nanti. Seperti biasa, salam selalu diucapkan ketika masuk di ruangan kami. Tiba-tiba, rekan kerja ku lainnya bertanya tentang kondisi putranya...weh, dalam hati...ada apa ini, kok aku gak tau, sedangkan temenku tau, padahal aku yang lebih sering berinteraksi dengan beliau, lewat FB atau YM.

Kemudian, setelah saya tanya bertanya, beliau menceritakan kepada saya dengan tertawa-tawa dan mengatakan "lucu", ternyata putranya beberapa hari lalu kecelakaan ketika melihat marchingband AU, putranya tertabrak motor dan terseret lima meter, kulit kepalanya mengelupas. Beliau  dengan mengatakan kata "lucu", dan tidak menunjukkan wajah kesedihan sedikitpun, namun hal itulah yang membuat kami sedih mendengarkan cerita beliau. Dalam hati,
saya langsung berkata, "masya allah, ini orang pasti orang yang sama sekali tidak ingin menunjukkan kesedihannya, atau tidak mau terlihat sedih di depan orang, self defensenya tinggi", tapi satu sisi saya juga berpikir, "aku pernah baca buku La Tahzan, jangan2 ini orang sedang menunjukkan konkrit buku itu ya".

Tadi, saya membuka facebook, dihomepage ane melihat status beliau:
Wah...udah rabu lalu ternyata status FBnya...dan aku tidak sempat membaca. (Maaf, temenku kebetulan sampai 1000, jadi ketumpuk2, apalagi beberapa hari ini saya juga jarang membaca status temen2ku, lagi fokus dengan perburuan di FJB)...subhanlloh, ternyata yang terjadi adalah:

Ternyata, dugaan saya bahwa beliau sedang mempraktekan La Tahzannya benar...salut saya...walaupun turut prihatin juga dengan kondisi putranya. Nah, yang membuat saya bangga adalah saya secara tidak sengaja membaca salah satu note dosen yang kenal beliau ketika di malaysia, notenya men-tag pak maryono, berikut ceritanya:
....ternyata di sekitar kita... amat banyak laskar-laskar pelangi....
..yang memiliki perjalanan hidup yang lebih sederhana tetapi huebat untuk diresapi...
..dilihat..didengar....bila perlu di-inspirasikan........

...maryono maryono tersebut nyata apa adanya......ini kisah maryono yang pak guru...
..maryono yang dari tetangga desa kemudian ke seberang lautan suatu hari dalam lain episode akan kuceritakan.....

..pertemuan ku dengan mas maryono ini tentunya tanpa sengaja...dan bertemu di negri jiran kurang lebih setahun yang lalu (2008-2009).....tanpa sengaja......
..3 bulan bersama (sama-sama jauh dari keluarga)...kami jadi saling mengenal siapa beliau...
aku : wadow...sampeyan dari jogja ya...
maryono :..njiih pak...
aku : lak sami...(aku ngajar di yogya)...jogjane mana pak.....
maryono : kulo ngajar di STM Muhammadiyah dan STM Negri yogya...kulo asline mBantul.....
.....(batinku : ternyata beliau guru....dan ternyata beliau sedang mengambil S3...wadoow hebat tenan..seorang guru mengambil S3)....

Beliau termasuk satu dari 5 guru SMK pertama di Indonesia yang dibiayai pemerintah untuk mengambil S3

Hidupnya penuh perjuangan ketulusan tantangan dan tentunya beliau amat menikmatinya dan sangat ikhlas sekali.......

maryono dilahirkan hampir 40th yang lalu, disalah satu desa pelosok di Bantul (selatan yogya). pada umumnya, orang desa yang bisa sekolah adalah anak lurah/guru/tokoh....tetapi maryono lain...ayahnya tidak memiliki sawah....ayahnya seorang pembuat ARANG kayu..untuk buat sate itu...

ibunya juga membantu ayahnya membuat arang kayu....rumahnya didesa lebih banyak cat hitam karena tuk menyimpan arang dan asap arang, sebelum arang dibawa ke kota.....Tanya aja....sebagian besar pasar di sisi timur bantul, pasti ambil arangnya dari ayahnya mas maryono.......
ayahnya sudah berkeinginan agar salahsatu anaknya menjadi "orang"...(itu rata2 keinginan seorang ayah dari Bantul...)

Maryono muda sejak SMA sudah kost di kota (yogya)...maryono sengaja kost di masjid tuk mengakali ilmu "pengiritan"....katanya "yang penting sekolah...opo wae tak lakoni".....
hidup tanpa kiriman uang dari orang tuanya....karena ayahnya juga tidak tahu 'apakah sekolah itu perlu kiriman...kata ayahnya.."
.setahun...dua tahun...dst....sekolah..sambil hidup ngopeni masjid.....
makanya..karena terbiasa dengan kegiatan masjid..dari adzan ke adzan...
maryono muda kalau sekolah sering ngantuk...ngantuk......(walau ngantukan..tapi nasibnya tidak ngantukan...)
..suatu hari iseng2 disuruh ngajar di sekolah...langsung aja maryono mau..karena katanya hidup itu perlu pengabdian......

..sebagai guru..ternyata juga butuh cinta....tanpa dia sadari, benih2 cinta terhadap gadis dekat masjid...(tapi memang saat itu, gadis ini belum pernah ke masjid).....
....teman2nya juga pada kaget....maryono yang dhekil...agak item....eh ada juga gadis yang mencintainya.......(hebat juga tentunya gadis ini..mencintai..secara dalem..)
sempat pula ibunya maryono menolak gadis ini, karena ibunya dah punya pilihan sendiri....dengan sedikit kenekathan dan pendekatan ke ibunya...akhirnya luluh juga....
dan silaturahmi yang kuat akhirnya gadis itu menjadi menantu terbaik di mata ibunya......

ternyata perjuangan hidup maryono sangat hebat...sempat beberapa tahun tidak dikaruniai anak....
sempat pula beliau mengasuh beberapa anak....dan akhirnya beliau dikaruniai anak juga....
alhamdulillah..sekarang anaknya jadi banyak kata beliau........

sesuatu yang selalu menjadi kelebihan beliau...adalah "ENTHENGAN"...ringan dalam hal membantu teman....tanpa ada keluh kesah sama sekali......saluut saya dalam hal itu...karena sedikit ada orang 'enthengan'.....bahkan dengan gembira...(tanpa ditunjukkan kalau capek)
senyum selalu setiap ketemu orang...dan selalu diajak ngobrol..walau baru kenal...(memang sih kadang beliau kebablasen...siapa aja diajak ngobrol..walau baru ja ketemu...)
cara bicaranya juga halus-khas orang yogya asli....kadang senda gurau tapi terukur (ndak kayak saya yang ucul kalau bicara)

..kata2 yang sampai detik ini selalu kuingat dari beliau adalah "BUATLAH AMAL BARU YANG SEDERHANA SAJA, SATU SAJA DULU"....setelah rutin...buat baru lagi..dst.......

beliau saat itu buat amal "noto sandal di masjid dengan rapi"...selama di negri jiran..itu saja yang dikerjakan.....(kadang saya yang nakal..kalau dah ditotho..maka tak orag arig..he..he...)

trus..tak batin2..amal apa ya....yang saya bisa rutin...dan sederhana......
akhirnya : sholat subuh di masjid aja........
..(sholat subuh itu dulu saat masih SMA kebawah selalu ke masjid...dan setelah SMA ke atas jadi amat sangat jarang subuhan di masjid)....gara2 mas maryono ini....akhirnya mulai waktu itu jadi subuhan ke masjid..alhamdulillah sampai sekarang...moga2 terus.....dan + lagi hal lain....

perpisahan saat itu....
kataku : mas mbesuk , kalau jenengan doktor, kita reunian ya......
maryono :..oke..doakan ya....

...kayaknya mas maryono sekarang sudah Doktor..atau menjelang Doktor....
..selamat ya mas...semoga ilmu jenengan bermanfaat dan barokah....
saat ini maryono masih menjadi guru di Yogya dan tinggal di yogya juga....

salam dari temanmu-Burhan Barid...

"Beliau termasuk satu dari 5 guru SMK pertama di Indonesia yang dibiayai 
pemerintah untuk mengambil S3"

Wow...mantap, dibalik ketinggian derajat ilmunya, beliau tetap low profile ternyata...beliau tidak menceritakan ini, yang hanya diceritakan kepada saya kalo kuliah beliau dari beasiswa. Sungguh-sungguh hebat, maaf sampai ini saya speachless, bisa jadi terlalu bangga karena bisa mengenal beliau. Maklum, temen saya lebih banyak biasa-biasa saja, namun tetap memiliki keunikan...semoga cerita ini bisa menjadi hikmah untuk bisa lebih baik dari kemarin.

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sample Text


SELAMAT DATANG

Ini adalah bagian dari website www.faizperjuangan.com, milik Faiz Mudhokhi. Sebelum menjadi Guru BK di SMKN 3 Yogyakarta, Faiz bergelut di dunia Marketing Communication, event organizer, dan creative concept event. Faiz ingin tetap bisa share dan diskusi dengan teman-teman tentang bidang yang tetap menjadi "kegiatan sampingan" Faiz. Silahkan berikan saran/pertanyaan melalui faiz@faizperjuangan.com